Breaking News
Loading...
Sunday, December 15, 2013

Rigging Karakter Blender 3d Mike Monster University Dengan Teknik Sederhana Inverse Kinematics Bagian 3

8:22 AM
Selamat siang sobbat blogger kali ini kita lanjutkan tutorialnya setelah pagi tadi kita membuat Rigging Bagian 1 dan Bagian 2 kini kita Ke Bagian3 Inverse Kinematics ok langsung saja sob..

Perlu kita ketahui dalam pergerakan tulang memiliki 2 sistem, yang pertama FK atau Forward Kinematics dan Yang Kedua adalah Inverse Kinematics.

dalam tulang/bone sudah kita buat tadi akan secara otomatis terseting sebagai FK apa itu FK Forword Kinematics adalah perubahan tulang yang bergerak apabila kita rotasi satu persatu sebagai contoh saya akan merotasi bagian tanganya makan tulang yang lain akan mengikuti.

Yang kedua adalah IK atau Inverse Kinematics sebagai contoh kita akan coba pada tulang bagian tangannya seleksi bagian tangannya dan rubah posisi dari edit mode menjadi pose mode, kemudian kita beri fasiltas Bone Constraint dan secara otomatis tulangnya akan berwarna kuning itu menandakan bahwa tulang sudah diberi inverse kinematics seperti gambar di bawah.

Langkah selanjutnya kitaberikan targat kontroler untuk tulang telapak tangan, sebelumnya pisahkan terlebih dahulu tulang telapak tangan dengan tulang yang sudah diberi inverse kinematics tadi caranya kembali ke edit mode lalu pilih tulang telapak tangan tekan alt+p pilih clear parent.
berikutnya kembali lagi ke pose mode lalu seleksi tulang yang sudah diberi inverse kinematics lalu kita tentukan targetnya pilih armature, lalu bonenya pilih bone Bone_telapaktangan_L, Kemudian lalukan juga untuk tangan kirinya, kaki kanan dan kirinya.
didalam Bone constrain di situ ada satu lagi pilihan di bawah bone yakni Pole Target fungsinya dalah untuk memberikan controler pada tulang di bagian lutut sehingga jika kita menggerakan kakinya lututnya tidak bergeser kekiri atau kekanan.
untuk itu kita akan coba membuat controlernya, caranya kita kembalikan lagi ke edit mode, seleksi di bagian lutut kaki lalu tekan shift+s pilih cursor to selected, lalu tekan shift a untuk membuat bone baru atur sehingga seperti gambar di bawah ini.
berikutnya kembali ke dalam pose mode lalu seleksi tulang yang sudah diberi inverse kinematics tadi lalu tentukan di dalam Pole Target pilih Armature lalu pilih bonenya Bone_pole_L dan Bone_pole_R untuk kaki satunya.
berikutnya kita link pole/controlernya dengan Bone_telapakkaki2_L caranya seleksi keduanya pilih keep offset.
Selesai Proses Rigging di Bagian 4 Kita Akan hubungkan dengan badan/objeknya. terimakasih semoga bermanfaat..

Lanjut Ke Bagian 4

2 komentar:

Unknown said...

bang buatin vidio nya donk

Unknown said...

bang buatin vidionya donk

 
Toggle Footer