Breaking News
Loading...
Sunday, December 15, 2013

Rigging Karakter Blender 3d Mike Monster University Dengan Teknik Sederhana

4:05 AM
Selamat pagi sobbat blogger tutorial kali ini sebenarnya adalah catatan saya untuk mengingat cara membuat riging karater mike dalam bentuk video yang saya beli dari mas Dody Animation seperti yang mas dody katakan kepada saya cara mengingat orang itu berbeda beda salah satunya dengan di catat atau di tulis itu yang saat ini saya lakukan, oia sebelumnya saya juga membuat postingan tentang cara membuat karater mike dan untuk tutorial berbentuk video bisa sobat liat di website Guru Besar Saya Mas Dody Animation ok langsung saja ya sob..
  1. Step pertama silakan sobbat buka aplikasi blender 3d nya dan lansung buka karakter mike yang sebelumnya sudah kita buat lalu view front.
  2. Langkah selanjutnya pastikan karater mike berada ditengah dan itu sangat bagus sekali untuk pembuatan rigging karena nanti ada tulang yang akan kita miror, langsung saja kita buat tulangnya dengan cara shift+a pilih Armature -> Single Bone.
  3. Step berikutnya posisikan tulang berada ditengah karakter mike, seperti yang kita liat objek bonenya tersembunyi di badan karakter mike dan untuk memunculkannya masuk ke tab Object lalu cek list X-Ray.
  4. Berikutnya kita masuk tab Object data lalu anda bisa memilih jenis bone yang akan kita gunakan disini saya akan menggunakan B-Bone/Box Bone.
  5. Step Selanjutnya masuk ke tab edit mode, lalu buat tulang/bonenya seperti gambar di bawah.
  6. Langkah berikutnya atau besar tulang dengan cara tekan ctr+alt+s.
  7. Berikutnya kita akan langsung membuat bone bagian tangannya perhatikan gambag di bawah.
  8. Tekan Shift + a maka akan membentuk tulang baru .
  9. Kemudian posisikan ujung dari bone ke ujung tangan dengan cara grape dengan cara tekan G pada keyboard dan perkecil bonenya dengan cara ctr+alt+s seperti gambar di bawah.
  10. Kemudian kita rubah viewnya menjadi view top tekan 7 pada numpad dan lihat posisinya sudah ditengah atau belum.? dan jika sudah kita akan potong bone bagian tangan menjadi 4 bagian dengan cara klik bonenya lalu tekan w plih subdivide lalu rubah number of cut nya menjadi 3.
  11. Atur potongan nya seperti gambar di bawah ini.
  12. Berikutnya kita akan buat bone untuk jari jarinya perhatikan gambar di bawah.
  13. Kemudian tekan shift+a dan rubah viewnya menjadi view front kemudian atur seperti gambar di bawah.
  14. Kemudian view top atur posisi bonenya dari.....
      menjadi....
  15. Kemudian klik bone bagian tengah klik w pilih subdivide, kemudian atur posisinya.
  16. kemudian bone untuk jari tangannya akan kita duplicate untuk 2 jari tangan yang belum di beri bone, klik 2 bagian bone yang sudah di subdivide tadi kemudian klik shift+d lalu letakkan posisi bone seperti gambar di bawah ini.
  17. Kemudian setelah selesai pembauatan tangan kita akan berlanjut ke pembuatan bone bagian kakiknya. dengan cara view right letakkan 3d cursornya seperti gambar di bawah.
  18. Lalu tekan shift+a
  19. Lalu grape ke bagian bawah dan perkecil bonenya dengan cara ctr+alt+s seperti gambar di bawah.
  20. Berikutnya kita akan potong menjadi 2 bagian dengan cara tekan w pilih subdivide dan atur bone seperti gambar di bawah.
  21. Kemudian lihat dari view front apakah posisi bone sudah pas pada kaki jika sobat semua posisi bone seperti saya silakan geser bonenya hingga tepat posisinya di tengah kaki, dari posisi seperti ini....
    hingga posisi seperti ini...
  22. Kemudian kita akan membuat bone telapak kakinya secara terpisah caranya seperti gambar di bawah.
  23. Kemudian view front jika posisinya seperti saat kita membuat tulang kakik pertama tadi silakan geser bone hinga tepat pada jari kakinya.
Ok Selesai untuk pembuatan bonenya di Bagian Berikutnya kita akan memberi nama pada setiap bonenya terimakasih sampai ketemu lagi di Bagian 2

1 komentar:

boby said...

bagi videonya dong

 
Toggle Footer