Breaking News
Loading...
Sunday, December 15, 2013

Rigging Karakter Blender 3d Mike Monster University Dengan Teknik Sederhana Bagian 2

6:48 AM
Selamat Pagi sobat kita ketemu lagi di Bagian2 Setelah tadi kita bahas Pembuatan bone di Bagian1 Untuk yang belum membuat karakter mikenya silakan mengunjungi tutorial sebelumnya ok kita lanjutkan tutorialnya sob..

di tutorial kedua ini kita akan memberi nama pada setiap bonenya agar memudahkan kita karna nanti kita akan menduplicate bone yang disisi kanan ke sisi kiri.
  1. Cara memeberi nama pada bone lihat gambar dibawah ini.
  2. Usahakan semua bone sudah diberi nama baru kita lanjut ke step berikutnya.
  3. Langkah berikutnya kita akan menduplicte bone yang disisi kanan dengan cara seleksi semua bonennya.
  4. Kemudian rubah pusat hirarchi ada di tengah yaitu 3d cursor sepeti gambar di bawah dan resset 3d cursornya dengan cara shift+c.
  5. Langkah berikutnya tinggal kita duplicate dengan cara shift+d klik kanan dan skala disumbu x -1 sehingga hasilnya sepeti gambar di bawah.
  6. Kemudian silakan cek satu persatu nama dari bone hasil duplicatenya disitu masih terlihat bone_tangan1_L dan yang harus kita rubah adalah yang L saja caranya tekan w pilih Flip_Name.
  7. Maka yang L tadi akan berubah menjadi R.
  8. Step berikutnya kita akan menghubungkan bone yang sudah kita buat ke bone induk caranya resset kembali 3d cursornya shift+c lalu kita buat satu bone lagi untuk bone induknya seperti gambar di bawah ini.
  9. kemudian kita hubungkan masing-masing bone sehingga semua bone terkoneksi, caranya tekan shift lalu seleksi 2 bone Bone_tangan1_L dan Bone_tangan1_R dan Bone_badan kemudian tekan ctr + p pilih keep offset maka akan muncul garis putus-putus antara tangan kiri, kanan dan badan.
  10. kemudian lakukan hal yang sama untuk jari-jari tangan ke telapak tangan, kaki ke badan, telapak kaki ke kaki.
Ok Selesai di bagian kedua nanti kita akan lanjutkan lagi ke bagian yang ketiga terimakasih semoga bermanfaat..

0 komentar:

 
Toggle Footer